Tuesday 7 August 2018

Tugas dan Fungsi BKPM sebagai Penghubung Pemerintah dengan Investor

Tugas dan Fungsi BKPM
Bagi para investor yang ingin menanam modal di Indonesia tentu tidak bisa asal sembarang menanam karena harus melalui prosedur tertentu. Salah satu badan yang mengatur penanaman modal tersebut adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa BKPM adalah badan yang diberi mandat untuk menghubungkan sektor usaha dengan pemerintah.

Tugas utama dari badan penanaman modal ini adalah mengatur investasi langsung baik yang dilakukan di dalam negeri atau pun di luar negeri. Selain itu, badan penanaman modal juga harus menciptakan iklim investasi yang kondusif. Sejak diubah statusnya sebagai badan kepemerintahan, maka seluruh kegiatan yang dilakukan harus dilaporkan secara langsung ke Presiden.

Tugas dan fungsi yang diemban oleh BKPM adalah hal-hal yang sudah diatur dalam perundang-undangan yang intinya meliputi koordinasi antara investor dan pemerintah. Dengan adanya badan penanaman modal ini maka diharapkan dapat mendatangkan investasi dalam jumlah besar. Namun bukan hanya dari segi kuantitas saja yang diutamakan, dari segi kualitas dari investasi itu pun diperhatikan.

Hal tersebut dikarenakan investasi banyak yang berkualitas akan sangat membantu dalam hal peningkatan mutu penanaman modal, mengurangi jumlah pengangguran, dan menangani kesenjangan sosial. Peran yang dimiliki oleh badan penanaman modal ini memang sangat vital bagi negara sehingga sumber daya yang bekerja di dalamnya pun harus handal dan memiliki kualifikasi yang bagus.

Oleh sebab itu, para calon pegawai di badan ini harus bersaing ketat dengan pelamar lainnya. Hal tersebut tidak mengherankan karena jenjang karir yang ditawarkan oleh badan kepemerintahan ini sangat menjanjikan. Adapun ketetapan yang mendukung jenjang karir di BKPM adalah:

1. Keputusan yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang berisi mengenai penetapan lulusan peserta berdasarkan hasil seleksi CPNS Badan Koordinasi Penanaman Modal
2. Keputusan yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang berisi mengenai pengganti kelulusan peserta CPNS tahap 2
3. Keputusan yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang berisi tentang pengganti kelulusan peserta CPNS tahap 3

Mengapa para pegawai yang bekerja di BKPM adalah orang dengan kompetensi yang piawai dalam menjalankan tugasnya untuk mengawasi jalannya investasi? Berikut alasannya:

1. Badan Koordinasi Penanaman Modal memiliki tanggung jawab yang besar kepada kepala negara mengingat bahwa badan tersebut merupakan penghubung antara presiden dan calon investor
2. Badan Koordinasi Penanaman Modal harus dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga kegiatan penanaman modal memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia
3. Badan Koordinasi Penanaman Modal mengemban tugas utama yakni dari mulai melakukan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang penanaman modal, pemberian layanan konsultasi untuk masalah yang dihadapi, melakukan pembinaan sektor usaha agar semakin berkembang hingga memberikan pelayanan terpadu satu pintu.

Pada intinya, apabila badan penanaman modal tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka akan menjadikan Indonesia sebagai mitra investasi yang kuat di mata dunia. Dengan memberikan program dan pelayanan terbaik serta didukung oleh ekonomi yang terus berkembang dan stabil maka akan mendatangkan nilai investasi yang tinggi pula.

BKPM adalah badan yang diharapkan mampu mewujudkan semua hal tersebut oleh sebab itu harus didukung oleh sumber daya yang handal di bidang penanaman modal. Dengan adanya BKPM maka akan semakin memudahkan para investor yang tertarik menanam modal di Indonesia.

No comments:

Post a Comment