Tuesday 7 August 2018

Pembangunan Infrastruktur Bandungan dan Bandara di Masa Jokowi

Perkembangan Infrastruktur Bendungan
Jika kita melihat perkembangan infrastruktur indonesia, boleh jadi masih begitu memprihatinkan. Bayangkan saja, kita adalah negara besar yang telah merdeka sejak 1945 silam. Tetapi sampai dengan saat ini, masih ada banyak infrastruktur yang perlu di banahi. Bahkan jika dirangking bagaimana infrastruktur kita, maka posisi kita berada di peringkat 50. Tentu saja kita kalah jauh dibanding dengan singapura.

Singapura adalah negara kawasan Asia tenggara yang punya infrastruktur kelas dunia. Bahkan posisinya ada di nomor 2. Hanya kalah dari Swiss. Negara asia lainya yang juga punya infrastruktur terbaik adalah Hong Kong.

Padahal, Indonesia adalah salah satu negara yang punya potensi besar menjadi negara maju sekaligus juga punya potensi menjadi negara besar. Dunia pun sudah mengakui itu dengan masuknya Indonesia sebagai salah satu anggota G-20. G-20 adalah organisasi yang hanya diisi oleh 201 negara yang menyandang predikat sebagai negara dengan kekuatan ekonomi besar. Anggotanya ada 19 negara plus satu uni eropa. Negara sekelas Singapura ataupun Malaysia, tak masuk.

Infrastruktur Jadi Target Pemerintah Masa Kini

Jika dilihat kemana arah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah kita saat ini, maka jawabanya jelas mengarah ke pembangunan fisik alias infratruktur. Maklum saja, selama ini pemerintah Jokowi JK banyak mengucurkan dana untuk pembangunan dan pembangunan. Tentu berbeda dengan arah pemerintahan yang diterapkan oleh presiden sebelumnya. Pada pemerintahan SBY-JK, arah pemerintahan lebih menuju ke pembangunan manusia.

Tentu saja ini adalah hal yang baik, mengingat SDM kita sebenarnya sudah cukup memadai. Sudah ada banyak Wni yang bekerja di luar dan mampu menjadi tenaga ahli. Itu artinya kita siap menjadi negara yang maju dengan tenaga kita sendiri. Dengan potensi ini, akhirnya jokowi-JK membuat kebijakan yang pro pembangunan. Hasilnya sangat terlihat.

Kita bisa melihat berbagai pembangunan dimana-mana. Salah satu pembangunan yang cukup kentara di masa pemerintahan Jokowi-JK adalah pembangunan Jalan, Bendungan dan Bandara. Kali ini, coba kita cermati pembangunan pada sektor bendungan dan bandara.

Pembangunan Bendungan

Bendungan menjadi salah satu infrastruktur penting yang menunjang pembangunan banyak sektor lainya. terutama sektor pertanian dan juga sektor lingkungan lainya. untuk itu semasa pemerintahan Jokowi-JK, pemerintah telah membangun banyak Bendungan.

Di akhir tahun 2017 saja, kita sudah bisa menikmati bBendungan baru sebanyak 30 buah dan 9 buah bendungan yang telah rampung. Sehingga secara total, luas bendungan sebanyak 39 buah itu kini menambah total luas irigasi waduk kita menjadi 859.626 hektar dari yang semula hanya 761.542 hektar. Daya tampunya tak main-main, mampu mencapai 1.031 juta meter kubik.

Bandara Baru

Selain Benduangan, pemerintah juga melakukan pembangunan pada sektor infrastruktur udara. Pemerintah membangun bandara di berbagai daerah. Jika dihitung, tahun ini pemerintah telah membangun sebanyak 7 bandara baru. Itupun belum semuanya, sebab target pemerintah membangun sebanyak 15 bandara periode 2014-2019.

Jika dilihat, beberapa Bandara baru yang sudah bisa beroperasi tahun ini terdiri dari Bandara Werur, Maratua, dan Koroway Batu. Lalu empat lainya adalah Bandara Letung, Miangas, Namniwel, dan Morowali. Tentu saja jumlah bandara ini nanti akan ditambah 8 lagi.

Kedelapan bandara itu adalah Kertajati, Kabir/Patar, Siau, Muara Teweh, Tebelian, Samarinda Baru, Buntu Kunik, dan Tambelan. Semuanya akan menjadikan perkembangan infrastruktur indonesia jadi lebih baik dan akan selesai dikerjakan hingga 2019 nanti.

No comments:

Post a Comment